MACAM-MACAM FLU !!!

Influenza sedang ramai diperbincangkan, apalagi pada saat ini banyak ditemukan kasus-kasus flu yang telah memakan banyak korban. Penyebabnya bermacam-macam, akibat yang ditimbulkan pun bermacam-macam. Disini saya akan menjabarkan beberapa flu yang sedang ngetop, diantaranya Flu Burung, Flu Babi, dan Flu kuda, mudah-mudahan saja beberapa tahun yang akan datang tak ada timbul yang namanya flu gajah, bisa jadi virusnya begitu sadis dan ganas, membayangkannya saja ngeri, mudah-mudahan tidak terjadi ya teman-teman. Maka dari itu, agar kita bisa bertindak lebih cepat, yuk kita kenali flu-flu itu satu persatu!

1.Flu Burung
Flu burung atau yang dikenal jugan dengan Avian Influenza yang sempat populer dan menjadi pemberitaan terhangat di berbagai penjuru dunia beberapa tahun terakhir ini sebenarnya merupakan hasil infeksi varian Influenza tipe A subtipe H5N1.

Pada awalnya virus ini hanya menjangkiti komunitas unggas, namun pada akhirnya kemampuan menginfeksi virus ini meningkat sehingga virus ini mampu menjangkiti manusia. Virus ini dapat menular melalui air liur dan kotoran hewan yang terkena flu. Infeksi virus flu burung umumnya menimbukan gejala berat. Mulai dari demam yang mencapai suhu diatas 38°C hingga berhari-hari.

Gejala-gejala yang ditimbulkan flu ini pada umumnya mirip dengan flu biasa, seperti gejala bersin-bersin, pegal dan linu di persendian, nyeri menelan, dan batuk, dan kadang bisa sampai menimbulkan severe respiratory distress (sesak nafas hebat). Ini bisa terjadi bila infeksi terus menerus dan ditemani oleh bakteri yang menjadi penyebab radang paru-paru (pneumonia).

Sampai saat ini tak ada pengobatan spesifik untuk menyembuhkan penyakit ini. Pengobatan lebih mengupayakan untuk menurunkan keganasan virus dengan antivirus seperti oseltamivir dan zanamivir.

2.Flu Babi
Baru-baru ina marak di temukan kasus-kasus flu babi benua Amerika sana. Pada awalnya flu ini hanya menualar antara sesama babi, namun pada akhirnya dengan ‘kesaktiannya’ virun ini mampu bermutasi dan menginfeksi manusia yang melakukan kontak langsung dengan babi tersebut.

Virus influenza tipe A strain H1N1 ini memiliki sifat yang lebih ganas dari virus influenza H1N1 sebelumnnya. Gejala yang ditimbulkan sama dengan virus biasa dan virus flu burung yang sudah dijabarkan diatas.

Sama seperti flu burung, pada penderita flu babi jiga disarankan untuk mengkonsumsi antivirus seperti oseltamivir dan zanamivir. Belum ada obat yang bisa mengalahkan ‘kesaktian’ virus ganas yang telah bermutasi ini, namun Dokter menyarankan agar memberi perawatan sesuai gejala dan meberikan in take cairan yang cukup pada pasien. Dalam 3-5 hari, virus akan menghilang dengan sendirinya.

3.Flu Kuda
Pada awalnya, flu ini menyerang dan akhirnya menewskan sebanyak 43 ekor kuda di bagian barat India Rajasthan dan Gujarat, karena itulah penyakit ini dinamakan flu kuda.
Flu yang disebabkan oleh equine influenza ini memiliki 2 tipe, yaitu equine-1 (H7N7) dan equine-2 (H3N8) yang masing masing memiliki ciri khas tersendiri. Equine-1 lebih banyak menyerang otot dan hati, sedangkan equine-2 menyerang sistem imun tubuh.

Virus ini layaknya influenza, perjalanan gejala penyakit sekitar 7 hari. Gejalanya sama seperti gejala flu burung. Seperti menyebabkan batuk, pilek, demam, hilang nafsu makan. Pada kuda umumnya perjalanan flu ini sekitar 1-5 hari hingga menimbulkan akibat yang fatal.

Kabar baiknya, saat ini masih belum ditemukan kasus flu kuda pada manusia, namun mengingat ‘suksesnya’ mutasi virus flu burung dan flu babi yang mampu menjangkiti manusia membuat kita harus lebih waspada terhadap virus yang satu ini. Pemberian vaksin pada kuda mungkin bisa menjadi alternatif sebagai upaya pencegahan penyebaran virus ini.

4.Flu Singapura
Sebenarnya flu Singapura ini bukan disebabkan oleh virus influenza, namun gejala yang ditimbulkan serupa dengan flu lainnya, dan pada tahun 2000 flu ini merebak di Singapura, maka orang-orang pun kemudian menyebutnya flu Singapura. Kemudian ditemukan juga beberapa kasus flu Singapura yang menyerang di Jakarta, dimana secar kebetulan orang tua dari anak anak tersebut bekerja di Singapura.

Dalam istilah medis penyakit ini dikenal sebagai hand, mouth, and foot diseas ini disebabkan oleh infeksi coxsackie dan enterovirus 71. Artinya, penyakit ini sama sekali bukan penyakit flu yang umumnya disebabkan oleh virus influenza. Pada umumnya penyakit ini menyerang anak anak yang berusia antara 2 minggu sampai 5 tahun, namun ada juga beberapa kasus ditemukan pada anak berusia 10 tahun.

Sangat mudah menular lewat kontak langsung penderita melalui droplet atau cairan ludah. Sedangkan pada orang dewasa umumnya sudah kebal dengan virus ini. Gejala yang ditimbulkan oleh virus ini memang mirip dengan flu biasa. Diawali demam hingga 2-3 hari, rasa nyeri, pegal di otot, dan sendi, nyeri menelan dan sakit tenggorokan, serta timbulnya batuk dan pilek.

Yang berbeda, yakni munculnya bercak-bercak merah pada telapak tangan dan kaki. Pada beberapa pasien juga diikuti sariawan di lidah dan gusi sehingga anak jadi malas makan dan kekurangan cairan. Namun, pada dsararnya penyakit ini akan membaik dan sembuh sendiri dalam 7-10 hari. Pengobatannnya juga bersifat simpatomatik dan meringankan gejalanya saja. Misalnya, jika ada sariawan, maka penderita cukup diberikan antibiotik mulut mycostatin. Jika penderita lemas dan dehidrasi, maka cukup diberikan cairan atau infus untuk menggantikan kebutuhan cairan.

4 Komentar (+add yours?)

  1. Ranji Wedhana
    Mar 03, 2011 @ 01:45:22

    Aku tiap pagi dan mlam mesti flu, kadang sama batuknya yg sakit bgt..
    aku mw tanya,
    aku termasuk flu apa?????

    Balas

  2. dini setya
    Sep 21, 2011 @ 02:56:51

    aq sering flu pada pagi hari setelah bangun pagi…mohon penjelasannya donk aq termasuk kena flu jenis apa?

    Balas

  3. haykalkhh
    Okt 16, 2011 @ 05:42:45

    JENIS ALERGI !😀

    Balas

  4. muhammad abas al hafidh
    Feb 21, 2012 @ 04:02:31

    saya kalo pagi dan siang itu selalu bersin.kenapa??
    badan panas, migren,…
    itu flu apa dan penyebabnya apa??

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mei 2009
S S R K J S M
« Jan   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

twitter_ku

Kumpulan Arsip-ku

%d blogger menyukai ini: