Dahsyatnya Air Putih

Teman-teman, sudah tahu belum luar biasanya aiputih? Belum tau?? Nah, sekarang akan saya kasih tahu, manfaaf air putih ini benar-benar menakjubkan buat kesehatan tubuh kita. Meskipun kelihatannya air putih itu sangat biasa sekali dan rasanya juga tawar, tapi air putih punya sejuta manfaat bagi kita semua.

Coba deh buka buku Biologi, tubuh manusia 80%-nya terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Sedikitnya, secara normal kita butuh 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Bagi perokok jumlah tersebut harus ditambah setengahnya. Air tersebut diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. Para dokter juga menyarankan agar mengonsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari agar metabolisme tubuh berjalan baik dan normal.

Banyak yang malas untuk minum air putih lebih dari 8 gelas sehari, alasannya pasti karena malas bolak-balik toilet karena HIV (Hasrat Ingin Vivis, heee J) sering muncul. Bolak balik ke toilet memang merepotkan, tapi kalau kamu sudah tahu manfaatnya bagi tubuh, maka cobalah untuk minum air putih sebanyak 8-10 gelas setiap harinya.

Guru kimia-ku waktu aku SMA kelas 2 pernah cerita kalau beliau punya saudara yang meninggal gara-gara darahnya sudah terlalu kental. Usut punya usut, ternyata beliau kurang mengonsumsi air putih, sehingga tubuh menjadi kekurangan cairan. Untuk menyeimbangkannya maka tubuh mengambil air dari darah, sehingga darah menjadi kental. Akibatnya, perjalanan darah sebagai alat transportasi oksigen dan zat-zat makanan pun bisa terganggu.

Darah yang kental tersebut juga akan melewati ginjal yang berfungsi sebagai filter atau alat untuk menyaring racun dari darah. Ginjal memiliki saringan yang sangat halus, sehingga jika harus menyaring darah yang kental maka ginjal harus kerja ekstra keras. Bukan tidak mungkin ginjal akan rusak dan bisa saja kelak akan mengalami cuci darah atau dalam bahasa medis biasa disebut hemodialisis.

Itu pengaruh kurang air terhadap kerja darah dan ginjal. Lalu bagaimana dengan otak yang 95%-nya adalah air? Perjalanan darah yang kental tersebut juga akan terhambat saat melewati otak. Padahal, sel-sel otak paling boros mengonsumsi makanan dan oksigen yang dibawa oleh darah. Sehingga fungsi sel-sel otak tidak berjalan optimal dan bahkan bisa cepat mati. Kondisi tersebut akan semakin memicu timbulnya stroke. Karena itu jangan sampai kekurangan air ya!

Oiya, guru fisika saya di SMP juga pernah berbagi resep awet mudanya, kata beliau sih karena rajin minum air putih, hanya dengan minum air putih 1 gelas tiap bangun tidur. Terbukti memang, waktu saya SMP beliau sudah punya cucu tapi kulit beliau masih kencang dan bersih sehingga terlihat awet muda. Gampang kan teman-teman? Coba aja!

Buat yang punya penyakit ASMA, teman saya di facebook juga pernah cerita kalau dia minum 4 gelas air putih tiap habis bangun tidur, dan katanya hasilnya sekarang asma-nya nggak pernah kambuh lagi. Waktu pertama mencoba, rasanya perut saya kembung banget, kadang pengen muntah, kata teman saya itu kalau tidak sanggup 4 gelas coba minum 2-3 gelas saja dulu, kalau sudah terbiasa baru minum 4 gelas sekaligus. Entah benar atau tidak, tapi saya patut berterima kasih sama dia, kerena, sudah 1 bulan ini asma saya tidak muncul.

Nih, ada 10 manfaat nyata air putih :

1. Memperlancar sistem pencernaan

Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.

2. Air putih membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati. Minum air putih akan membuat tubuh lebih berenergi.

3. Perawatan kecantikan

Bila kamu kurang minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit.

Untuk menjaga kecantikan pun, kebersihan tubuh hares benar-benar diperhatikan, ditambah lagi minum air putih 8 – 10 gelas sehari.

4. Untuk kesuburan

Meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita.

Menurut basil penelitian dari sebuah lembaga riset trombosis di London, Inggris, jika seseorang selalu mandi dengan air dingin maka peredaran darahnya lancar dan tubuh terasa lebih segar dan bugar. Mandi dengan air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh serta meningkatkan kemampuan seseorang terhadap serangan virus. Bahkan, mandi dengan air dingin di waktu pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Dengan begitu kesuburan serta kegairahan seksual pun akan meningkat. Selain itu jaringan kulit membaik, kuku lebih sehat dan kuat, tak mudah retak. Nah, buat yang malas mandi pagi atau bahkan malas mandi (astagfirulloh!) harus mulai dirubah tuh kebiasaannya…

5. Menyehatkan jantung

Air juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran papas, usus, dap penyakit kewanitaan, dll.

Bahkan saat ini cukup banyak pengobatan altenatif yang memanfaatkan kemanjuran air putih.

6. Sebagai obat stroke

Air panas tak hanya digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, tapi juga efektif untuk mengobati lumpuh, seperti karena stroke. Sebab, air tersebut dapat membantu memperkuat kembali otot-otot dan ligamen serta memperlancar sistem peredaran darah dan sistem pernapasan. Efek panas menyebabkan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan, sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran.

Kandungan ion-ion terutama khlor, magnesium, hidrogen karbonat dan sulfat dalam air panas, membantu pelebaran pembuluh darah sehingga meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu pH airnya mampu mensterilkan kulit.

7. Efek relaksasi

Cobalah berdiri di bawah shower dan rasakan efeknya di tubuh. Pancuran air yang jatuh ke tubuh terasa seperti pijatan dan mampu menghilangkan rasa capek karena terasa seperti dipijat. Sejumlah pakar pengobatan alternatif mengatakan, bahwa bersentuhan dengan air mancur, berjalan-jalan di sekitar air terjun, atau sungai dan taman dengan banyak pancuran, akan memperoleh khasiat ion-ion negatif. Ion-ion negatif yang timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen. Ion negatif dalam aliran darah akan mempercepat pengiriman oksigen ke dalam sel dan jaringan.

Bukan itu saja jika mengalami ketegangan otot dapat dilegakan dengan mandi air hangat bersuhu sekitar 37 derajat C. Selagi kaki terasa pegal kita sering dianjurkan untuk merendam kaki dengan air hangat dicampur sedikit garam. Nah, jika kamu punya shower di rumah cobalah mandi dan nikmati hasilnya. Oh ya, shower di rumah juga menghasilkan ion negatif.

8. Menguruskan badan

Air putih juga bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menguruskan badan pun, minum air hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Namun yang terbaik adalah minum air putih pada suhu sedang, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin. Mau kurus? Minum air putih saja.

9. Tubuh lebih bugar

Khasiat air tak hanya untuk membersihkan tubuh saja tapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. Kamu mungkin lebih dapat bertahan kekurangan makan beberapa hari ketimbang kurang air. Sebab, air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia.

Jumlah air yang menurun dalam tubuh, fungsi organ-organ tubuh juga akan menurun dan lebih mudah terganggu oleh bakteri, virus, dll. Namun, tubuh manusia mempunyai mekanisme dalam mempertahankan keseimbangan asupan air yang masuk dan yang dikeluarkan. Rasa haus pada setiap orang merupakan mekanisme normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh. Air yang dibutuhkan tubuh kira-kira 2-2,5 l (8 – 10 gelas) per hari. Jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan air dari makanan (seperti dari kuah sup, soto, dll), minuman seperti susu, teh, kopi, sirup dll. Selain itu, asupan air juga diperoleh dari hasil metabolisme makanan yang dikonsumsi dan metabolisme jaringan di dalam tubuh.

Nah, air juga dikeluarkan tubuh melalui air seni dan keringat. Jumlah air yang dikeluarkan tubuh melalui air seni sekitar 1 liter per hari. Kalau jumlah tinja yang dikeluarkan pada orang sehat sekitar 50 – 400 g/hari, kandungan aimya sekitar 60 – 90 % bobot tinja atau sekitar 50 – 60 ml air sehari.

Sedangkan, air yang terbuang melalui keringat dan saluran napas dalam sehari maksimum 1 liter, tergantung suhu udara sekitar. Belum lagi faktor pengeluaran air melalui pernapasan. Seseorang yang mengalami demam, kandungan air dalam napasnya akan meningkat. Sebaliknya, jumlah air yang dihirup melalui napas berkurang akibat rendahnya kelembapan udara sekitamya.

Tubuh akan menurun kondisinya bila kadar air menurun dan kita tidak segera memenuhi kebutuhan air tubuh tersebut. Kardiolog dari AS, Dr James M. Rippe memberi saran untuk minum air paling sedikit seliter lebih banyak dari apa yang dibutuhkan rasa haus kita. Pasalnya, kehilangan 4% cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja kita sebanyak 22 %! Bisa dimengerti bila kehilangan 7%, kita akan mulai merasa lemah dan lesu.

Asal tahu saja, aktivitas makin banyak maka makin banyak pula air yang terkuras dari tubuh. Untuk itu, pakar kesehatan mengingatkan agar jangan hanya minum bila terasa haus Kebiasaan banyak minum, apakah sedang haus atau tidak, merupakan kebiasaan sehat!

Jika kuliah di ruang ber-AC, dianjurkan untuk minum lebih banyak karena udara yang dingin dan tubuh cepat mengalami dehidrasi. Banyak minum juga akan membantu kulit tidak cepat kering. Di ruang yang suhunya tidak tetap pun dianjurkan untuk membiasakan minum meski tidak terasa haus untuk menyeimbangkan suhu.

(sumber: http://www.muslimah.or.id)

Nah, gimana? Air putih memang dahsyat kan? So, nggak ada salahnya kalau kita banyak minum air putih, seperti pesan dokter dan iklan iklan air mineral maka sekali lagi saya sarankan untuk minum air putih 8-10 gelas perhari. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Makan Cokelat Yoook!

Hari genee takut gendut gara-gara Cokelat? Salah tuh! Yang ada kita malah dapat jaminan untuk dapat manfaat sehat dari cokelat. Mau tau apa rahasianya? Cek aja disini.

• Cokelat Baik Bagi Jantung

Peneliti Universitas California menemukan flavan-3-ols, senyawa yang ditemukan alam cokelat dikaitkan dapat menurunkan resiko penyakit Cardiovaskular. Cokelat juga mengandung nutrisi yang ditemukan dalam makanan lain yaitu Antioksidan yang merupakan komponen alam, sehingga dapat menangkis penyakit seperti penyakit jantung.

• Cokelat dapat mengobati batuk

Zat kimia yang ditemukan dalam cokelat lebih baik dalam menyembuhkan batuk dibanding obat batuk. Hal ini didasari pada sebuah senyawa yang disebut Theobromine yang dapat mencegah batuk.

• Cokelat dapat menangkis Kanker

Cokelat mengandung Polypenols yang tinggi, senyawa yang ditemukan dalam makanan yang berasal dari tumbuhan yang bertindak sebagai antioksidan yang dapat membantu melindungi dari penyakit serius seperti kanker

• Cokelat melindungi dari Stroke

Cokelat dapat membantu mencegah pembekuan darah, sesuatu yang dapat membantu pasien terkena stroke. Para peneliti mengatakan cokelat memiliki pengaruh yang sama dengan aspirin yang dikenal sbagai antipembekuan darah.

• Cokelat dapat mencegah tekanan darah tinggi

Senyawa yang terdapat dalam cokelat dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi karena cokelat kaya flavanol, sejenis antioksidan yang dapat melacak dan menghancurkan kimia berbahaya dalam tubuh yang menyebabkan penuaan dan berpotensi pada penyakit serius.

• Cokelat mengendalikan suasana hati

Ada pacar atau adik kamu lagi ngambek / bete? Kasih coklat aja, suasana hati mereka pasti jadi lebih baik sehingga bete pun hilang, apalagi kalau coklat yang kita kasih enak dan mahal, betul ngak? Heheee…..

Ada juga nih cokelat yang bikin kita hepi hepi nyanyi di tempat karaoke, atau sekedar bernyanyi kecil sambil nyuci tumpukan piring di dapur, tau kan cokelatnya??
Yang jelas itu pasti bandnya Kikan Cs lah, Cokelat band (btw tulisannya bener atau nggak yah?)

Nah, sekarang ngomong-ngomongin cokelatnya sampai disini dulu ya, tunggu aja postingan postingan selanjutnya, mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.

dikutip dari Majalah Muslimah (no. 55 Februari 2007)

MACAM-MACAM FLU !!!

Influenza sedang ramai diperbincangkan, apalagi pada saat ini banyak ditemukan kasus-kasus flu yang telah memakan banyak korban. Penyebabnya bermacam-macam, akibat yang ditimbulkan pun bermacam-macam. Disini saya akan menjabarkan beberapa flu yang sedang ngetop, diantaranya Flu Burung, Flu Babi, dan Flu kuda, mudah-mudahan saja beberapa tahun yang akan datang tak ada timbul yang namanya flu gajah, bisa jadi virusnya begitu sadis dan ganas, membayangkannya saja ngeri, mudah-mudahan tidak terjadi ya teman-teman. Maka dari itu, agar kita bisa bertindak lebih cepat, yuk kita kenali flu-flu itu satu persatu!

1.Flu Burung
Flu burung atau yang dikenal jugan dengan Avian Influenza yang sempat populer dan menjadi pemberitaan terhangat di berbagai penjuru dunia beberapa tahun terakhir ini sebenarnya merupakan hasil infeksi varian Influenza tipe A subtipe H5N1.

Pada awalnya virus ini hanya menjangkiti komunitas unggas, namun pada akhirnya kemampuan menginfeksi virus ini meningkat sehingga virus ini mampu menjangkiti manusia. Virus ini dapat menular melalui air liur dan kotoran hewan yang terkena flu. Infeksi virus flu burung umumnya menimbukan gejala berat. Mulai dari demam yang mencapai suhu diatas 38°C hingga berhari-hari.

Gejala-gejala yang ditimbulkan flu ini pada umumnya mirip dengan flu biasa, seperti gejala bersin-bersin, pegal dan linu di persendian, nyeri menelan, dan batuk, dan kadang bisa sampai menimbulkan severe respiratory distress (sesak nafas hebat). Ini bisa terjadi bila infeksi terus menerus dan ditemani oleh bakteri yang menjadi penyebab radang paru-paru (pneumonia).

Sampai saat ini tak ada pengobatan spesifik untuk menyembuhkan penyakit ini. Pengobatan lebih mengupayakan untuk menurunkan keganasan virus dengan antivirus seperti oseltamivir dan zanamivir.

2.Flu Babi
Baru-baru ina marak di temukan kasus-kasus flu babi benua Amerika sana. Pada awalnya flu ini hanya menualar antara sesama babi, namun pada akhirnya dengan ‘kesaktiannya’ virun ini mampu bermutasi dan menginfeksi manusia yang melakukan kontak langsung dengan babi tersebut.

Virus influenza tipe A strain H1N1 ini memiliki sifat yang lebih ganas dari virus influenza H1N1 sebelumnnya. Gejala yang ditimbulkan sama dengan virus biasa dan virus flu burung yang sudah dijabarkan diatas.

Sama seperti flu burung, pada penderita flu babi jiga disarankan untuk mengkonsumsi antivirus seperti oseltamivir dan zanamivir. Belum ada obat yang bisa mengalahkan ‘kesaktian’ virus ganas yang telah bermutasi ini, namun Dokter menyarankan agar memberi perawatan sesuai gejala dan meberikan in take cairan yang cukup pada pasien. Dalam 3-5 hari, virus akan menghilang dengan sendirinya.

3.Flu Kuda
Pada awalnya, flu ini menyerang dan akhirnya menewskan sebanyak 43 ekor kuda di bagian barat India Rajasthan dan Gujarat, karena itulah penyakit ini dinamakan flu kuda.
Flu yang disebabkan oleh equine influenza ini memiliki 2 tipe, yaitu equine-1 (H7N7) dan equine-2 (H3N8) yang masing masing memiliki ciri khas tersendiri. Equine-1 lebih banyak menyerang otot dan hati, sedangkan equine-2 menyerang sistem imun tubuh.

Virus ini layaknya influenza, perjalanan gejala penyakit sekitar 7 hari. Gejalanya sama seperti gejala flu burung. Seperti menyebabkan batuk, pilek, demam, hilang nafsu makan. Pada kuda umumnya perjalanan flu ini sekitar 1-5 hari hingga menimbulkan akibat yang fatal.

Kabar baiknya, saat ini masih belum ditemukan kasus flu kuda pada manusia, namun mengingat ‘suksesnya’ mutasi virus flu burung dan flu babi yang mampu menjangkiti manusia membuat kita harus lebih waspada terhadap virus yang satu ini. Pemberian vaksin pada kuda mungkin bisa menjadi alternatif sebagai upaya pencegahan penyebaran virus ini.

4.Flu Singapura
Sebenarnya flu Singapura ini bukan disebabkan oleh virus influenza, namun gejala yang ditimbulkan serupa dengan flu lainnya, dan pada tahun 2000 flu ini merebak di Singapura, maka orang-orang pun kemudian menyebutnya flu Singapura. Kemudian ditemukan juga beberapa kasus flu Singapura yang menyerang di Jakarta, dimana secar kebetulan orang tua dari anak anak tersebut bekerja di Singapura.

Dalam istilah medis penyakit ini dikenal sebagai hand, mouth, and foot diseas ini disebabkan oleh infeksi coxsackie dan enterovirus 71. Artinya, penyakit ini sama sekali bukan penyakit flu yang umumnya disebabkan oleh virus influenza. Pada umumnya penyakit ini menyerang anak anak yang berusia antara 2 minggu sampai 5 tahun, namun ada juga beberapa kasus ditemukan pada anak berusia 10 tahun.

Sangat mudah menular lewat kontak langsung penderita melalui droplet atau cairan ludah. Sedangkan pada orang dewasa umumnya sudah kebal dengan virus ini. Gejala yang ditimbulkan oleh virus ini memang mirip dengan flu biasa. Diawali demam hingga 2-3 hari, rasa nyeri, pegal di otot, dan sendi, nyeri menelan dan sakit tenggorokan, serta timbulnya batuk dan pilek.

Yang berbeda, yakni munculnya bercak-bercak merah pada telapak tangan dan kaki. Pada beberapa pasien juga diikuti sariawan di lidah dan gusi sehingga anak jadi malas makan dan kekurangan cairan. Namun, pada dsararnya penyakit ini akan membaik dan sembuh sendiri dalam 7-10 hari. Pengobatannnya juga bersifat simpatomatik dan meringankan gejalanya saja. Misalnya, jika ada sariawan, maka penderita cukup diberikan antibiotik mulut mycostatin. Jika penderita lemas dan dehidrasi, maka cukup diberikan cairan atau infus untuk menggantikan kebutuhan cairan.

Agustus 2017
S S R K J S M
« Jul    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

twitter_ku

  • Tambah besar gadisku, tak terasa sudah 3,5 tahun menjadi pembawa kegembiraan dirumah kami, sehqt terus ya sayang. Jadilah anak yg pintar 3 months ago
  • Mes gemes gemeshhhh... 😡😡😠 4 months ago
  • Emak udah nggak sanggup lagi ngurus bawang, bisa pingsan nyium baunya 😷. Untung paksu baik hati, tiap hari mau aja ngurusin bawang 😍 4 months ago
  • Urusan per-bawang an semua di handle pak suami, dari ngupas sampai ngulek 😁😁 4 months ago
  • Udah hampir 8 tahun ngetwit, entah udah berapa kali ngetwit kangen nenek 😂 4 months ago

Kumpulan Arsip-ku